PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR

  • Syamsu Arlis Universitas Negeri Padang
Keywords: hasil belajar IPA, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model problem based learning di kelas V SD Negeri 06 Teluk Bayur Padang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan alur penelitian meliputi  perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Teluk Bayur Padan yang berjumlah 33 0rang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada hasil belajar IPA siswa.Persentase perolehan hasil belajar aspek kognitif pada siklus I adalah 77,88 meningkat pada siklus II menjadi 88,48. Pada aspek afektif maupun psikomotor pada siklus I adalah 13,90 dan 13,62 meningkat menjadi 14,89 dan 14,62.

Published
2016-04-04
How to Cite
Arlis, S. (2016). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 95-102. Retrieved from http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/168