IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PADANG

  • Nurhafizah Nurhafizah Azlina Mohd. Kosn Universitas Negeri Padang
Keywords: Anak Taman Kanak-kanak, Pelaksanaan bermain, Permainan Tadisional Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan  atau pengimplementasian permainan  tradisional Indonesia di Taman Kanak-kanak kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai bulan November tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa Taman Kanak-kanak kelompok B1. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data analisis dengan menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Dari  perencanaan yang dibuat guru terlihat bahwa Permainan Tradisional Indonesia tidak menjadi bagian dari perencanaan pembelajaran secara spesifik. (2) Dari Pelaksanaan  konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain di Taman Kanak-kanak tidak dijalankan sepenuhnya, terkesan hanya sebatas wacana saja, apa lagi pelaksanaan permainan tradisional Indonesia sendiri, kalaupun ada hanya sekali-sekali atau insidentil saja dan tidak terkonsep dengan baik.

Published
2016-04-04
How to Cite
Azlina Mohd. Kosn, N. N. (2016). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PADANG. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85-93. Retrieved from http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/163