PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASKEB IV (PATOLOGI) DI PRODI DIII KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG TAHUN 2014

  • Helda Helda Mekar Mekar STIKes RANAH MINANG PADANG
Keywords: Model pembelajaran cooperatif script, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar mahasiswa Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang pada mata kuliah ASKEB IV. Data yang diperoleh mahasiswa yang mendapatkan nila A hanya 3,2% tahun 2012/2013 .Hal ini disebabkan berbagai faktor diantaranya proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan lemahnya interaksi antara dosen dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script terhadap hasil belajar mata kuliah Askeb IV (Patologi) di STIKes Ranah Minang Padang Tahun 2014.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan Stikes Ranah Minang Padang yang berjumlah 111 orang. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas B (37 orang) dan kelas C (39 orang) dengan teknik pengambilan sampel  purposive sampling. Penelitian dilaksanakan tanggal 29 April - 9 Mei 2014 di STIKes Ranah Minang Padang. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis.

Hasil penelitian diperoleh hasil belajar Askeb IV kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Terbukti dari nilai rata – rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,22 dan kelas kontrol sebesar 72,48. Kemudian diperoleh uji t yaitu 2,461 sedangkan t tabel 1,993 berarti t hitung > t tabel dengan df 74 dan alfa 0,05 maka hipotesis diterima.

Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script terhadap hasil belajar mahasiswa. Peneliti menyarankan kepada dosen pengajar untuk menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Published
2016-04-04
How to Cite
Mekar Mekar, H. H. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASKEB IV (PATOLOGI) DI PRODI DIII KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG TAHUN 2014. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 65-72. Retrieved from http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/161