Correlation between Social Support and Vocational Skill with Career Adaptability in the Era of the Industrial Revolution 4.0 on Students of TITL Vocational Competencies in Malang

  • Dwi Mega Martasari Universitas Negeri Malang
  • Setiadi Cahyono Putri Universitas Negeri Malang
  • Yuni Rahmawati Universitas Negeri Malang
Keywords: Career Adaptability, Industrial Era 4.0, Social Support, Vocational Skill

Abstract

The era of the industrial revolution 4.0 requires vocational students to adapt in a career (Career adaptability) (Y) because of the changing times, especially for the workforce. Therefore, vocational students as prospective workers must have vocational skills (X2) in soft skills and hard skills training. Besides sofftskill that is needed to increase the level of adaptation is social support (X1). This study aims to determine: (1) Description of X1, X2, Y, (2) Relationship of X1 to Y; 3) Relationship of X2 with Y, (4) Relationship of X1 and X2 with Y. The research method used is quantitative with research design descriptive correlational. The research sample of 95 students determined by referring to the saturation sampling technique. Variables X1, X2 and Y have the level of reliability in sequence are 0.761, 0.766. and 0764. Sequentially the Effective Contribution Value at X1 and X2 is 6.4% and 13.8%. Consequently the Relative Contribution Value at X1 and X2 was 31.68% and 68.32%. The conclusions of the results obtained from this study are (1) X1, X2, and Y in the medium category; (2) there is a positive and significant relationship between X1 and Y, X2 and Y, and X1 and X2 simultaneously with Y.

References

Ahmadi, Abu, & Trijoko. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.

Agustina, H. 2012. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi (Perceived Organization Support) Terhadap Kinerja Dosen Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen (JSM). 1(1):15-29.

Agustian, S. 2018. Hubungan self-regulated learning, kemampuan komunikasi, dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Appolo, & Cahyadi, A. 2012. Konflik Peran Ganda Perempuan Menikah yang Bekerja Ditinjau dari Dukungan Sosial Keluarga dan Penyesuaian Diri. Jurnal Widya Warta. 2(2):255-271.

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A.N. 2016. Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir Dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Akademik Mahasiswa. (Online), (journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7105), diakses pada 19 November 2019.

Arifin, Z. 2019. Hubungan Motivasi Bekerja, Social Support, dan Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Se-Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Arthur, S.R. dan Emily, S.R. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chotim, M., dkk., 2014. Pelatihan Kecakapan Vokasional Untuk Meningkatkan Kemandirian Sosial Ekonomi Individu Eks Psikotik Di Upt Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik Provinsi Jawa Timur. (Online), (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/viewFile/265/237), diakses pada 23 November 2019.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Geografi, 4(1):134-142.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah – Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dewi, D.P. 2017. Keterampilan Vokasional Sebagai Persiapan di Dunia Kerja Bagi Anak Dengan Hambatan Intelektual (Vocational Skills as Preparations In the World Oo Work For Childern With Intellectual Disabilities). Journal of Vocational and Career Education, 7(2):231-238.

Giffari, N. 2017 . Pengaruh Social Support terhadap Career Adaptability pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. (Online), (http://repository.unair.ac.id/65875/), diakses pada 12 November 2019.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haludhi. 2016. Implementasi Pendidikan Life Skills dengan Metode Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action (PAKSA) di Transformer Center Batu. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.

Hanafi, M., & Abdul, H. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: (UPP) STIM YKPN.

Hastoprojokusumo, M.B. 2016. Pengaruh Perceived Social Support pada Career Adaptability Mahasiswa Tingkat Akhir. (Online), (https://repository.usd.ac.id/6842/2/129114059_full.pdf), diakses pada 12 November 2019.

Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Berpikir Kreatif secara Matematik. (Online), (http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-berpikir-kreatif-secara-matematik/), diakses pada 12 Januari 2020.

Jusoh, M., Simun, M., Chong, S.C. 2011. Expectation Gaps, Job Satisfaction & Organizational Commitment of Fresh 129 Graduates, Education + Training. (Online), (http://www.emeraldinsight.com/), diakses pada 20 November 2019.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kemdiknas. 2012. Belum Merata, Pasokan SMK pada Ketenagakerjaan. (Online), (http://www.penyelarasan.kemdiknas.go.id/content/detail/233.html), diakses pada tanggal 5 Januari 2020.

Kumalasari. F., & Ahyani, L.N. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Penelitian, 2(2):9-11.

Kuntjoro, Zainuddin. 2004. Social Support pada Lansia. (Online), (http://www.e-psikologi.com/epsi/search.aps.), diakses pada 19 Januari 2020.

Lent, R.W., & Brown, S.D. 2012. Career development and counseling: putting theory and research to work, (ed. 2). Hoboken, New Jersey: John Willey & Sons.

Maolani, R.A., & Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Moedzakir, D. 2010. Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UM Press.

Oktavia, H. 2019. Tiga Puluh Ribu Lebih Warga Kota Malang Masih Jadi Pengangguran. (Online), (http://rri.co.id/post/berita/700733/daerah/30_ribu_lebih_warga_kota_malang_masih_jadi_pengangguran.html), diakses pada 20 November 2019.

Rensi & Sugiarti. 2010. Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psikologi. 3(2):11-13.

Rossier, J., Dauwalder, J.P., & Soresi, S., dkk. 2009. Life Designing: A Paradigm for Career Construction In The 21 st Century. Journal of Vocational Behavior. 75(2):239-250.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sarafino, E.P., & Timothy, W.S. 2011. Health Psychology Biopsychosocial Interactions Seventh edition. Amerika: United States of America

Savickas, M.L., & Porfeli, E.J. 2012. Career Adaptabilities Scale: Construction, Reliability, And Measurement Equivalence Across 13 Countries. Journal of Vocational Behavior. 80(3):661-673.

Savickas, M. L. 2013. The Theory And Practice Of Career Construction. In S. D. Brown & R. W. Lent (2nd Ed.), Career Development And Counseling: Putting Theory And Research To Work. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Singgih, S. 2010. Statistik Multivarat. Jakarta: PT Gramedia.

Siregar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suhartini, Y. 2015. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta, 4(2):16-18.

Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyanto, D. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru du Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group

Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. 2012. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana

Tian, & Fan, X. 2014. Adversity Quotient, Enviromental Variables and Career Adaptability in Student Nurses. Journal of Vocational Behavior, 1(84):251-257.

Wati, S.T. 2016. Hubungan Pelaksanaan Kegiatan Unit Produksi dan Motivasi Berwirausaha dengan Kesiapan Bekerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Raden Patah Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Widodo. 2019. Hubungan Mastery Goal Orientation dan Interpersonal Awareness terhadap Kemmapuan Menyesuaikan Diri di Dunia Kerja Siswa Kompetensi Keahlian TITL SMK Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.
Published
2020-11-25
How to Cite
Martasari, D. M., Putri, S., & Rahmawati, Y. (2020). Correlation between Social Support and Vocational Skill with Career Adaptability in the Era of the Industrial Revolution 4.0 on Students of TITL Vocational Competencies in Malang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 135-140. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.877