Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran 2016/2017

  • Mardiyah Hayati SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think-Pair-Share, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang digunakan oleh guru masih monoton sehingga hasil belajarnya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Belajar) yang telah ditetapkan yaitu 80. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas 1V.C SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran (2016/2017). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang siswa. Data awal dari penelitian ini adalah materi pembelajaran sebelum tindakan dengan hasil siswa yang mencapai nilai ketuntasan berjumlah 7 orang atau 28% meningkat pada siklus I sebanyak 14 orang atau 56%. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu sebanyak 23 orang atau 92%. Dari penelitian ini juga diperoleh informasi bahwa siswa akan semakin aktif dalam pembelajaran. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa memperoleh 71,11% dengan kategori baik dan rata-rata siklus II menjadi 94,45% dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru juga semakin baik, pada pertemuan pertama siklus I jumlah skor aktivitas guru adalah 49 (65,33%) meningkat menjadi 58 (77,33%) pada pertemuan kedua. Kemudian meningkat lagi menjadi 67 (89,33%) pada siklus II pertemuan pertama dan terakhir 75 (100%) pada pertemuan kedua Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar PAI siswa.

References

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhanuddin, H. M. A. (2017). Tata Kelola Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) di SMA Pondok Pesantren Immim Makassar. Jurnal Idaarah, I(20), 34–51. Retrieved from journal.uin-alauddin.ac.id › index.php › idaarah › article › download
Djamarah, S. B. d. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harjali, Setyosari, I. N. S. D. P., & Dwiyogo, W. D. (2016). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(April), 10–19. Retrieved from journal.um.ac.id › pendidikan-dan-pembelajaran › article › download
Maunah, B. (2014). Imlementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90–101. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/8615/7107
Triyadi, W., Putra, A. P., & Amintarti, S. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 6 RBSI Banjarmasin Pada Konsep Sistem Gerak Manusia dengan Menggunakan Worksheet Berbasis Web. Jurnal Wahana, XIV, 23–43.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/viewFile/10621/8996
Published
2017-11-15
How to Cite
Hayati, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 100-105. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/fip.100.v17i2.280.000-000
Section
Educational Technology Article