Efektivitas Pola Belajar Visual Auditory Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Kemampuan Terjemahan Al-Quran bagi Anak Berkesulitan Belajar

  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDN 09 Koto Lua pada kelas III berjumlah lima orang siswa berkesulitan belajar. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pola belajar visual auditori kinestetik (VAK) untuk meningkatkan kemampuan terjemahan Al-quran bagi anak berkesulitan belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah preexperimental design dengan one group pretest and postest pre eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah penggalan ayat dari surat al-qoriah. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney . Dengan kriteria pengujian penilaian penelitian ini adalah: hipotesis diterima jika Uhit > Utab pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Diluar kondisi ini hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata posttest siswa meningkat dari hasil pretest setelah dilakukan treatment sebanyak lima kali. Kemampuan siswa dalam menterjemahkan al-quran meningkat setelah diterapkan metode VAK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pola belajar visual auditori kinestetik (VAK) efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan terjemahan al-quran bagi anak berkesulitan belajar.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Haiburrahmanuddin. (2010). Menghafal al-quran mulai usia 0 tahun dan dengan gerak dan lagu. Tangerang: At-tafkir Press.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaris, Martini. (2009). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen dan Penanggulannya. Jakarta: Yayasan Pemanas Bumi.
Muhammad, Sayyid. (2008). Metode doktor cilik, menghafal dan memahami al-quran dengan isyrat. Jakarta: PT Mizan Publika.
Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-04-27
How to Cite
Zulmiyetri, Z. (2023). Efektivitas Pola Belajar Visual Auditory Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Kemampuan Terjemahan Al-Quran bagi Anak Berkesulitan Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1534