Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Mengatasi Permasalahan IPA Tematik Di SD

  • SUNDARI JS Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Tematik, IPA, Problem Based Learning

Abstract

Pemblajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran yang saling berkaitan satu sama lain yang digabungkan dalam satu tema pembelajaran. Pembelajaran IPA adalah  salah mata pelajaaran yang terkait dalam pembelajara tematik. Pembelajaran IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan alam dan kebendaan, yang disusun secara sistematis melaui percobaan dan pengamatan sehingga dapat memecahkan suatu masalah dan memperoleh hasil yang berlaku tidak hanya pada satu orang melainkan pada beberapa percobaan dengan hasil yang sama dan konsisten. Dalam pelaksanaan pembejaaran IPA tematik terdapat beberapa kendala yang memunculkan permasalahan dalam pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat mengatasi permaslahan tersebut. Salah satu model pemblajaran yang digunakan adalah model problem based learning, yang berbasis masalah, yang melibatkan siswa untuk menemukan pemecahan masalah.

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18.
Cole, D. R., Ullman, J., Gannon, S., & Rooney, P. (2015). Critical thinking skills in the International Baccalaureate’s “Theory of Knowledge” subject: Findings from an Australian study. Australian Journal of Education, 59(3), 247–264.
Fitria, Y. (2017). Efektivitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).
Harjono, N. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik muatan ipa melalui model problem based learning kelas 5 sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.
Huang, H. F., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).
Loewenberg Ball, D., & Forzani, F. M. (2009). The work of teaching and the challenge for teacher education. Journal of Teacher Education, 60(5), 497–511.
Nurdyansyah, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Pamungkas, G. H., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 3(1), 43–46.
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: PT indeks.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.
Trianto, M. P. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44.
Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73–82.
Wang, M.-H., Ho, Y.-S., & Fu, H.-Z. (2019). Global performance and development on sustainable city based on natural science and social science research: A bibliometric analysis. Science of the Total Environment, 666, 1245–1254.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Published
2021-04-30
How to Cite
JS, S., & Fitria, Y. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Mengatasi Permasalahan IPA Tematik Di SD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 56-61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.978