PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK NEGERI. 4 PADANG
Abstract
Penelitian ini berawal dari penyelenggaraan proses pembelajaran siswa ABKh Tunanetra di SMKN Kota Padang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keadaan umum pembelajarannya meliputi penggunaan strategi pembelajaran, penggunaan metoda ,penyampaian materi pelajaran dan pengelolaan kelas Penelitian ini ditetapkan dengan teknik sampel bola salju yang terdiri siswa, guru, kepala sekolah, orang tua murid, pengawas sekolah, dinas pendidikan dan masyarakat. Informan tetap berjumlah 24 orang.
Hasil Temuan, ada empat Tema Sentral keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran di SMK.4 inklusi kota Padang. 1. Pelaksanaan program pendidikan inklusi di SMKN 4 Padang , sangat didukung oleh persepsi positif dari kepala sekolah, guru,GPK, orang tua, masyarakat dan dinas pendidikan. 2 strategi pembelajaran dan penggunaan metoda masih menggunakan pedoman regulasi umum, termasuk pengelolaan kelas sangat memerlukan perbaikan dan pembenahan. 3. Seluruh personil sekolah menjadi actor penting yang siap melayani semua anak, tanpa perbedaan dan bertanggung jawab atas kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran sehingga kondisi diatas dapat menjadi kunci kemajuan sekolah inklusi. Kerjasama antar personal, baik kedalam maupun keluar sehingga pengembangan sekolah inklusi tidak banyak mengalami kendala yang berarti. meskipun masih memerlukan perbaikan pembenahan dan pengembangan. 4. Meskipun pelaksanaan pembelajaran SMK inklusi berjalan dengan baik, namun berbagai perbaikan seperti yang dituangkan dalam tema sentral diatas harus dan terus diperbaiki dan dikembangkan sebagaimana mestinya