Tantangan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0

  • Rifma Rifma Universitas Negeri Padang
Keywords: Peningkatan Mutu, Pendidikan, Pengembangan, Profesionalisme

Abstract

Revolusi industri 4.0 merubah cara pandang kita terhadap konsep pendidikan yang akan berpengaruh pada praktik-praktik pengajaran. Era ini menuntut adanya persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Menanggapi tantangan pendidikan pada era revolusi industri 4.0, Kemendikbud kembali melakukan redesign Kurikulum 2013. Dalam pengembangan ini terdapat lima kemampuan yang harus dimiliki para generasi muda dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0, yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja sama, dan percaya diri. Untuk itu berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan yang dibarengi dengan peningkatan profesionalitas guru mutlak dilakukan. Penyesuaian muatan pembelajaran harus seiring dengan penyesuaian/peningkatan kompetensi guru sebagai pelaku/pelaksana pembelajaran. Secara umum permasalahan peningkatan kompetensi guru setidaknya bersumber dari dua hal, yaitu kurangnya pelatihan yang diikuti guru dan kurangnya kemauan guru untuk meningkatkan kualitas diri. Masih banyak guru yang bekerja tanpa pelatihan yang memadai, sedangkan sebagian lainnya beralasan peningkatan kompetensi secara mandiri juga tidak mudah dikondisikan. Maka pembinaan profesionalisasi guru sebagai tenaga pendidik perlu dipersiapkan melalui skematik yang jelas, tegas, terarah, dan memiliki visi ke depan yang terukur.

References

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Deseler, G. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
Glickman, & Gordon. (2005). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (6th ed.). United States of America: Pearson Education, Inc.
Hatten, K. ., & Rosenthal, S. . (2001). Reaching for the Knowledge Edge. New York: Amrican Management Association.
Idochi Anwar, M. (2010). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Ivancevich, J., M, J., & Konopaske, R. (2013). Human Resource Management. New York: The MCGraw-Hill Companies, Inc.
Prastowo, A. (2015). Perubahan Mindset dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Persaingan Pendidikan di Era MEA. In Seminar Nasional Profesionalisme Guru (pp. 627–628).
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Salamah, U. (2015). Tantangan Pendidikan Menghadapi MEA 2015.
Suryaningsih, A. (2014). Guru Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yamin, Martius, & Maisah. (n.d.). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2020-04-30
How to Cite
Rifma, R. (2020). Tantangan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 11-16. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.836