Keefektifan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas X SMK Islam Inayah

  • Elda Martha Suri Universitas Ekasakti
Keywords: Bimbingan Kelompok, Motivasi Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berwirausaha siswa kelas X SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau. Populasi penelitian sebanyak 130 siswa kelas X SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis dan dianalisis secara kuantitatif dengan uji t sampel berkorelasi dan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha kelompok eksperimen menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0%, motivasi berwirausaha tinggi 43,75%, motivasi berwirausaha sedang 25%, motivasi berwirausaha rendah 25%, dan motivasi berwirausaha sangat rendah 6,25% Sedangkan kelompok kontrol menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0%, motivasi berwirausaha tinggi 37,5%, motivasi berwirausaha sedang 25%, motivasi berwirausaha rendah 25%, dan motivasi sangat rendah 12,5%. Motivasi berwirausaha pada kelompok eksperimen hasil pre-test lebih rendah dibanding dengan hasil post-test yang menunjukkan skor tertinggi ada selisih 25, skor terendah selisih 9 untuk pre-test lebih rendah, skor mean ada selisih 22,06 untuk sebelum perlakuan lebih rendah. Data tentang motivasi berwirausaha pada kelompok kontrol hasil pre-test lebih rendah dibanding dengan hasil post-test yang menunjukkan skor tertinggi ada selisih 3 untuk pre-test lebih rendah, skor terendah selisih 2 untuk pre-test lebih rendah, skor mean ada selisih 1,69 untuk sesudah post-test lebih rendah. Saran untuk SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau hendaknya menambah fasilitas pendukung layanan bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berwirausaha. Sehingga, siswa dapat mempunyai pemahaman yang luas terhadap motivasi berwirausaha.

References

Alam, S. (2016). Tingkat Pendidikan dan Pengangguran di Indonesia (Telaah Serapan Tenaga Kerja SMA/SMK dan Sarjana). Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), (XIX), 250–257.
Noviantoro, G., & Rahmawat, D. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan LeluargaTerhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Fakultas Ekonomi, (1), 1–10.
Nurhaidah, M., & Musa, I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. JURNAL PESONA DASAR, 3(3), 1–14.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rosmiati, & Junias, D. T. S. M. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK, 17(1), 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21
Suharyono. (2017). Sikap dan Perilku Wirausahawan. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 40(56), 6551–6586.
Suneki, S. (2012). Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(1), 307–321.
Syafii, M. E. N., Murwatiningsih, & Prajanti, S. D. W. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Se-Kabupaten Blora. JEE, 4(2), 66–74.
Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Published
2018-04-15
How to Cite
Suri, E. M. (2018). Keefektifan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas X SMK Islam Inayah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 23-29. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v18i1.637