Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku

  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Netrawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Perilaku Agresif, Konseling Kreatif, Kognitif Perilaku

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang rentan dengan perubahan berupa perubahan biologis, kognitif dan sosio-emosional. Perilaku remaja sebagai luapan emosi negatif dan suasana hati yang tidak menentu akan ditampilkan dalam bentuk perilaku agresif, seperti: memukul, menyerang, memaki, mengeluarkan kata-kata kasar, mengancam, memalak dan lain sebagainya. Perilaku agresif adalah perilaku fisik atau verbal yang dimaksudkan untuk merusak atau melukai orang lain, yang mengakibatkan orang lain mengalami penderitaan, sehingga mendatangkan kesusahan baik fisik maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membantu siswa menurunkan perilaku agresif dengan menggunakan konseling pendekatan kognitif perilaku, 2) memberikan keterampilan pada guru BK/konselor untuk terampil menggunakan konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui penelitian action reseach yang terdiri dari dua siklus dengan memberikan apersepsi dan tindakan dengan pendekatan konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku. Subjek penelitian adalah siswa SMP dan guru BK/konselor di SMP. Instrumen dan teknik pengumpulan data adalah interview dan observasi. Hasil yang diperoleh berupa dampak bertambahnya keterampilan guru BK dalam melaksanakan intervensi konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku yang berfokus pada pembahasan penurunan perilaku agresif siswa. Secara keseluruhan dari kedua siklus tersebut terdapat perubahan keterampilan yang dimiliki gurur BK/konselor dalam menangani perilaku agresif siswa.

References

Andries, R. S. (2017, April 5). Pelecehan Seksual pada Anak di Pasbar Tertinggi di Sumbar. Harian Haluan. Retrieved from https://www.harianhaluan.com/news/detail/64445/pelecehan-seksual-pada-anak-di-pasbar-tertinggi-di-sumbar
Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 36–46.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Beck, A. . (1976). Cognitive Therapy of Personality Disorder. London: The Guilford Press.
Corey, G. (2007). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (6th ed.). California: Books Cole Publishing.
Firman, F. (2016). Penanggulangan Tindakan Kekerasan dan Agresivitas Remaja Remaja Kota Padang. Padang: FIP UNP.
Harian Haluan. (2016, January 13). NPWCC Dampingi 103 Kasus Kekerasan di Sumbar. Harian Haluan. Retrieved from https://www.harianhaluan.com/news/detail/47095/npwcc-dampingi-103-kasus-kekerasan-di-sumbar
Huesmann, L. R. (1994). Aggressive Behavior Current Perspectives. New York: Plenum Press.
Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Terapi Kognitif Perilaku untuk Mengurangi Episode Depresi Berat dengan Gejala Psikotik. Philantrophy Journal of Psychology, 1(1), 65–75.
Netrawati, Furqon, Yusuf, S., & Rusmana, N. (2016). Solving Adolescent Verbal Aggressions through Transactional Analysis Counseling Approach. Journal of Education and Practice, 7(18), 169–177.
Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79–90. https://doi.org/10.29240/jbk.v2i1.463
Sa’adah, F. M., & Rahman, I. K. (2015). Konsep Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan Pendekatan Islam untuk Meningkatkan Sikap Altruisme Siswa. Jurnal Hisbah, 12(2), 49–59.
Santrock, J. W. (2005). Adolescence, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Kon, 2, 142–147.
Sarwono. (1997). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Wahyuni, E. N. (2017). Mengelola Stres dengan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Baru Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Maliki). Jurnal Tadrib, III(1). https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1385
Warburton, W. A., & Anderson, C. A. (2015). Aggression, Social Psychology of. International Encyclopedia of Social & Behavioral Sciences, 1, 295–299. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.24002-6
Zahri, H., & Savira, I. (2017). Pengaruh Self-Control terhadap Agresivitas Remaja pada Pelajar SMP dan SMU di Sekolah Perguruan Nasional. Jurnal JP3SDm, 1–10.
Published
2018-11-15
How to Cite
Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113-118. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000
Section
Guidance and Counseling Article