PENDIDIKAN LITERASI MEDIA MASSA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

  • Ardi Waluyo Mahasiswa UKSW

Abstract

Penanaman pendidikan literasi media massa untuk anak sekolah dasar sangat penting dan bermanfaat untuk masa depan. Pencegahan akibat negatif yang ditimbulkan oleh media massa akan lebih baik apabila dilakukan sejak dini yaitu masih dalam sekolah dasar. Karena anak sekolah dasar akan membawa pengalaman belajarnya saat ia menjadi dewasa. Oleh karena itu penulis menjelaskan tentang hakikat dari literasi media massa, pengaruh media massa terhadap perkembangan anak sekolah dasar dan juga solusi yang ditawarkan untuk menerapkan literasi media massa pada anak sekolah dasar.

References

Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. 2014. Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74-88.
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. In 5th International Conference Indonesian Studies Ethnivity Glob (pp. 362-71).
Bernam, S. 2009. Hubungan antara pegangan nilai moral dengan media massa Tinjauan ke atas remaja Melayu luar bandar. Sari, 27, 199-212.
Harry Widyastono. 2013. Pengembangan kurikulum di era otonomi daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyatiningsih, E. 2011. Analisis Model-model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak-anak, Remaja, dan Dewasa. Yogyakarta UNY, dari httpstaff. uny. ac. idsitesdefaultfilespenelitianDra-Endang-Mulyatiningsih,-M. P
Nuramalina. P. 2011. Media Massa. https://www.kompasiana.com/nur.amalina22/pengertian-mediamassa. diunduh pada tanggal 23 Februari 2018.
Paramastri, I., & Priyanto, M. A. 2010. Early prevention toward sexual abuse on children. Jurnal Psikologi, 37(1), 1-12.
Purba, R. 2015. SEBUAH TINJAUAN MENGENAI STIMULUS BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 59-64
Rahmi, A. 2013. Pengenalan literasi media pada anak usia sekolah dasar. Sawwa Jurnal Studi Gender, 8(2), 261-276.
Rianto, P. 2016. Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90-96.
Silvia, O. W., & Djuanda, D. 2017. MODEL LITERATURE BASED DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160-171.
Sumantri, M. 2014. Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Surya, Y. W. 2009. POLA KONSUMSI DAN PENGARUH INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA REMAJA (STUDI ANALISIS PRESEPSI PADA REMAJA DI KOTAMADYA SURABAYA) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA)
Suryadi, I. 2014. Kajian Perilaku Menonton Tayangan Televisi Dan Pendidikan Literasi Media Pada Remaja. Academica, 5(1).
Wardani, N. 2015. PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 12-22
Yulsyofriend, Y. 2013. PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK USIA DINI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 41-52.
Published
2018-10-08
How to Cite
WALUYO, Ardi. PENDIDIKAN LITERASI MEDIA MASSA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Pedagogi, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 9-17, oct. 2018. ISSN 2549-6743. Available at: <http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/288>. Date accessed: 13 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.288.000-000.
Section
Primary Education