Pengintegrasian Prinsip Education for Sustainable Development dalam Pembelajaran IPA SD untuk Memfasilitasi Siswa menjadi Problem Solver

  • Risda Amini Universitas Negeri Padang
  • Yullys Helsa Universitas Negeri Padang
  • Afriza Media Universitas Negeri Padang
  • Sahrun Nisa Universitas Negeri Padang
  • Delfi Eliza Universitas Negeri Padang
Keywords: Education for sustainable development, Pembelajaran IPA SD, Problem solver.

Abstract

Terjadinya krisis lingkungan yang terjadi saat ini menyebabkan munculnya berbagai persoalan sosial ekonomi seperti perundungan, pelanggaran hak asasi manusia, konflik, kesenjangan sosial dan kemiskinan sehingga menghambat pembagunan keberlanjutan dimasa mendatang. Oleh karena itu penelitian ini ingin memaksimalkan pembagunan keberlanjutan (Education for sustainable development/ESD) melalui pendidikan dengan melaksanakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ESD. Perangkat pembelajaran IPA SD yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, silabus, bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Untuk mengukur kompetensi siswa dan respon siswa digunakan metode kuantitatif melalui penelitian kuasi eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis ESD sudah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dalam penerapannya di kelas perangkat pembelajaran ini memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran di sekolah dasar. Siswa dapat memahami konsep IPA dan ESD yang diajarkan oleh guru sehingga dapat mengembangkan keterampilan problem solving dan siswa lebih peka terhadap masalah lingkungan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran IPA berbasis ESD sangat relevan dalam konteks tantangan global saat ini, terutama dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi masalah lingkungan berkelanjutan.

References

Antonio, A., et.al. (2006). Education for Sustainability: Challenges and Trends. Clean Techn Environ Policy. 8: 31–37.
Ambusaidi, A. dan Al Washahi, M. (2016). Prospective teachers’ perceptions about the concept of sustainable development and relaited issus in Oman. Journal of Education for Sustainable Development, 10: 2, 152 – 163. www.sagepublication.com
Amini, R. (2015). Outdoor based environmental education learning and its effect in caring attitude toward environment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 4 (1), 43-47
Ali, M. (2014). Education for national development: A case study of Indonesia. Padang: Imperial Bhakti.
Arbuthnott, K.D. (2009). Education for sustainable development beyond attitude change. Journal of Education for Sustainable Development, 10: 2, pp. 152 – 163. Available at www.sagepublication.com
Arwan, J. F. A. (2022). The urgency of climate change-based education for sustainable development. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(02), 461628.
Dewi, G., Hamdu, G., & Putri, A. R. (2023). Aplikasi education for sustainable development topik pengolahan limbah rumah tangga untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 689-698.
Didham, R. J., & Manu, P.O. (2020). Adaptive capacity an educational goal to advance policy for integrating DRR into quality ESD. International Journal of Disaster Risk Reduction. 47, 101-116.
Dieni, W. E. F. (2023). Desain Pembelajaran Materi Energi dengan Pendekatan Education for Sustainable Development untuk Mengembangkan Literasi Sains dan Sustainability Awareness Siswa. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Fatimah (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Kreatif Tadulako Online, 5(4), 85–96.
Fitria, A., & Hamdu, G. (2021). Pengembangan aplikasi mobile learning untuk perangkat pembelajaran berbasis education for sustainable development. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 8(2), 134-145.
Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Dewi, E. R. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Berpotensi Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 8(2), 48-70.
Lundegard, I., dan Wickman, P.O. (2007). Complict of interest: An indispensable element of education for sustainable development, Environmental Education Research, 13(1),1-15
Mahen, M., Nurochim, N., & Sudrajad, W. S. W. (2023). Penerapan Prinsip Education for Sustainable Development di PP Al-Qadir Yogyakarta Dalam Mempersiapkan Pesantren Enterpreneur. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).
Matsuo, M., Christina W.Y., Wong, C.W.Y, dan Kee-hung, L. (2008). Experience-based learning of Japanese IT professionals: A qualitative research, Journal of Strategic Information System, 19(3), 2012- 213.
McKeowen, R., (2002). The leading edge of teacher education and ESD. Journal of Education for Sustainable Development, 8:2, pp. 127–131. www.sagepublications. com.
McKeowen, R.dan Hopkins, C. (2007). Moving beyond the EEDESD diciplinary debate in formal education. Journal of Education for Sustainable Development, 1:1, pp. 17–26. www.sagepublications. com.
Ojala, M. (2013). Incluiding emotional aspects in education for sustainable education (ESD). Journal of Education for Sustainable Development, 7:2, pp. 167-182.
Parinduri, M. A., Fatimah, N., & Auliya, W. (2023). Implementasi Education Sustainable Development pada Lembaga Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 7(2), 222-236.
Primasti, S. G. (2021). Implementasi program education for sustainable development di SMA. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(3), 80-100.
Putri, N. H., & Chusni, M. M. (2024). Analisis implementasi education for sustainable development dalam pendidikan pemanasan global. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 232-236.
Rahmawati, S., Roshayanti, F., Nugroho, A. S., & Hayat, M. S. (2021). Potensi implementasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA di MTs Nahdlatul Ulama Meranggen Kabupaten Demak. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i1.27
Riduwan (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ruswendi, A., Sahrul, S. F., & Patras, Y. E. (2024). Implementasi Education for Sustainable Development (ESD) melalui Pengelolaan Sampah di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 256-271).
Salam, A., & Hamdu, G. (2022). Penerapan education for sustainable development (ESD) dalam media pembelajaran elektronik di kelas V Sekolah Dasar: perspektif guru. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 161-172.
Sari, A. K., Hernani, H., & Supriatna, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada Topik Bioplastik untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 12(2), 137-146.
UNESCO. (2006). Education for Sustainable Development Toolkit. UNESCO Education Centre.
Usmeldi, Amini,R. (2019). The effect of integrated learning model to the students competency on the natural science. Journal of Physics: Conference Series 1157 (2), 022022
Published
2025-04-30
How to Cite
Amini, R., Helsa, Y., Media, A., Nisa, S., & Eliza, D. (2025). Pengintegrasian Prinsip Education for Sustainable Development dalam Pembelajaran IPA SD untuk Memfasilitasi Siswa menjadi Problem Solver. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 194-205. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v25i1.2493