Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Semangat Kerja Dosen di Universitas Eka Sakti Padang

  • Susi Yulias Tanty Universitas Ekasakti
Keywords: Budaya Organisasi, Semangat Kerja

Abstract

Semangat kerja merupakan suatu kondisi yang harus terbina di dalam organisasi atau perguruan tinggi, semangat kerja yang tinggi menyebabkan sesama dosen saling memahami dan saling pengertian, namun kenyataan yang ada hasil observasi yang dilaksanakan bahwa ada beberapa orang dosen yang mempunyai semangat kerja yang rendah, hal ini ditandai dengan dosen ke kampus hanya pergi mengajar setelah itu pulang, dan terkadang dosen juga jarang masuk kelas, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah lemahnya budaya organisasi yang ada. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap semangat kerja dosen di Unes Padang. Jenis penelitian ini korelasi sederhana, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, teknik analisis data menggunakan uji r dengan menggunakan SPSS Versi 20

References

Arikunto. 2003. Manejemen Pengajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
Kreitner, Robert & Angelo Kiniciki. 2009. Organizational Behavior (Ninth Edition). New York: Mcgraw-Hill/Irwin Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Moeljono, Djokosantoso. 2003. Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE. Santoso, Gempur. 2005. Metodologi Penelitian Kuantintatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku organisasi. Salemba Empat, Jakarta, Indonesia.
Schein, E.G. 2009, The Corporate Culture Survival Guide, John Wiley & Sons, San Fransisco: CA
Undang-Undang No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
Winardi. 2007. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Published
2017-12-18
How to Cite
Tanty, S. Y. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Semangat Kerja Dosen di Universitas Eka Sakti Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 34-39. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/fip.100.v17i1.227.000-000
Section
Educational Administration Article