Pelaksanaan Bina Bicara Melalui Pembelajaran Individual bagi Anak Tuna Rungu di SLB Karya Tabing Padang

  • Yarmis Hasan Universitas Negeri Padang
Keywords: Stimulasi Visual, Pembelajaran Individual, Bina Komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran individual di SLB Karya Tabing Padang yang dilakukan oleh guru yang teacher center dalam arti guru lebih dominan sebagai pemberi stimulasi visual : dalam memberikan bina bicara pada seorang anak yang mempunyai hambatan pendengaran atau tunarungu. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran bina bicara yang dilaksanakan oleh guru kelas dalam tiga kegiatan, pertama perancangan kedua pelaksanaan dan ketiga evaluasi. Sasaran penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah wawancara, pengamatan, dan telaah dan komunikasi. Hasil penelaah menunjukkan guru sudah merancang pembelajaran, sudah melakukan dengan konvensional guru    sebagai pemberi ilmu stimulasi bicara dalam pengelolaan proses pembelajaran guru melaksanakan program pembelajaran individual. Berdasarkan hasil asesmen mengamati tentang mengenal anggota tubuh bagian atas. Dari hasil pembelajaran dilakukan evaluasi tes secara lisan dan tulisan. Keberhasilan pelaksanaan bina bicara terdapat faktor kendala keterbatasan ruangan namun ada faktor pendukung yang memperlancar proses pelaksanaan pembelajaran seperti Kepala Sekolah, guru dan yayasan, sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran sudah tergambar evaluasi diasumsikan guru meningkat proses pembelajaran dengan mempertahankan kekompakan bagi layanan anak tunarungu dengan memanfaatkan siswa pendengaran melalui bina komunikasi persepsi bunyi dan irama. 

References

A. Mulyono (1996) Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta. Depdikbud
Bennie Frances. (1997). Learning Center Develoopment and Operation Education Tehnologi Publication Englewood Cliffs Newjersey.
Depoorter Bobbi Ana Mark Reardon & Neore Sarah Singer. (2000). Kuantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Eja Sajaah. (2005). Pendidikan Bahasa bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Edibar Depdikbud .
Ganda Sumekar. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Lexy Moleong (1999) Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Rahmayani Dadan (2013) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya
Sarjono. 2005. Terapi Wicara. Jakarta: Depdikbud
Tarmansyah (2010). Bina Wicara. Padang: UNP Press
Published
2017-12-18
How to Cite
Hasan, Y. (2017). Pelaksanaan Bina Bicara Melalui Pembelajaran Individual bagi Anak Tuna Rungu di SLB Karya Tabing Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 27-33. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/fip.100.v17i1.221.000-000