Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Pada Mata Kuliah Pelayanan Keluarga Berencana

  • Rini Febrianti STIKes Ranah Minang Padang

Abstract

Untuk mencapai kompetensi dasar  pada materi pelayanan KB, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif didalam  proses pembelajaran. Salah satu  model yang dapat  digunakan agar mahasiswa lebih aktif didalam  proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair and Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan aktifitas belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS di Tingkat II  Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action recearch). Penelitian tindakan  kelas ini dilaksanakan di Tingkat II Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah  Minang  Padang. Subjek penelitian berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan  pada bulan  November  2016 sampai Juli Tahun 2017. Alat yang digunakan dalam  pengumpulan data penelitian  ini adalah dengan  observasi, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan  tujuan yang  hendak dicapai, data yang dikumpulkan pada waktu observasi dianalisis dengan mengunakan  teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif  model Think Pair and Share (TPS) pada materi pokok pelayanan KB, untuk menyelesaikan soal cerita mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, presentase keaktifan mahasiswa 68,1%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,2%. Model pembelajaran kooperatif  model Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi pokok pelayanan KB. Pembelajaran kooperatif model Think Pair And Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar  maka, dalam  kegiatan pembelajaran  pada penyelesaian soal cerita khususnya pada materi pelayanan KB disarankan  menggunakan model pembelajaran tersebut. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian ini cara dan metode yang berbeda di jurusan kebidanan pada mata kuliah yang lain sehingga dapat  memperkaya  khasanah  ilmu pengetahuan di masa mendatang.

Published
2017-12-18
How to Cite
FEBRIANTI, Rini. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Pada Mata Kuliah Pelayanan Keluarga Berencana. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 1-11, dec. 2017. ISSN 2549-6743. Available at: <http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/220>. Date accessed: 16 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.24036/fip.100.v17i1.220.000-000.
Section
Teknologi Pendidikan / Education Technology