Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada Mata Kuliah Pelayanan Keluarga Berencana
Abstract
Untuk mencapai kompetensi dasar pada materi pelayanan KB, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif didalam proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan agar mahasiswa lebih aktif didalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan aktifitas belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS di Tingkat II Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action recearch). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Tingkat II Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang. Subjek penelitian berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai Juli Tahun 2017. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai, data yang dikumpulkan pada waktu observasi dianalisis dengan mengunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) pada materi pokok pelayanan KB, untuk menyelesaikan soal cerita mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, presentase keaktifan mahasiswa 68,1%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,2%. Model pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi pokok pelayanan KB. Pembelajaran kooperatif model Think Pair And Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar maka, dalam kegiatan pembelajaran pada penyelesaian soal cerita khususnya pada materi pelayanan KB disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian ini cara dan metode yang berbeda di jurusan kebidanan pada mata kuliah yang lain sehingga dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di masa mendatang.
References
Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dirjen Dikti Kemendiknas, (2010). Model-Model Pembelajaran: Materi Pelatihan KTSP (2009).
Djamarah, Saeful Bakhri dan Aswan Zain. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Febrian Widia Kusuma. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Akutansi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun (2012) : Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol.X,No 2.
Herdian, (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Jakarta.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Media Persada.
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, (2012). Pengembangan Sistem Penilaian. irjen PMPTK Depdiknas.
Mahyudin.(2013). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Geografi Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di Kelas XII IPS 2 Vol. XVII No 1 (2017)11 (Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa...) SMAN 7 Padang.Padang: PPG FIS UNP.
Rusman. (2010). Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Triyatno. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik: Konsep, Landasan, Teristik-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Triyatno. (2010). Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Padang: Dirjen Dikti Kemendiknas.