UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MAHASISWA TINGKAT I PRODI DIII KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG

  • Asmita Dahlan Asmita Dahlan STIKes Ranah Minang Padang
  • M.Biomed M.Biomed STIKes Ranah Minang Padang
Keywords: Aktifitas Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script

Abstract

Hasil studi dokumentasi Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang tahun 2012/2013 ditemukan bahwa masih rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan kehamilan, dan hasil diskusi dengan dosen mata kuliah Asuhan Kebidanan kehamilan selama proses pembelajaran menunjukkan kurangnya keaktifan belajar peserta didik. Model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik adalah pembelajaran kooperatif, salah satunya model pembelajaran cooperative script. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative script dalam rangka meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa tingkat I pada mata kuliah Asuhan Kebidanan kehamilan Prodi D-III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang tahun 2014.

Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan peneliti langsung. Populasinya adalah mahasiswa tingkat I Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 orang, dan teknik pengambilan sampel total populasi. Alat pengumpul data menggunakan observasi, dan angket. Analisis data menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan skor observasi siklus I (51,8%) dengan kategori sedang, meningkat pada siklus II (75,3%) dengan kategori tinggi. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata skor angket keaktifan belajar mahasiswa siklus I (35,4 persentase 59,1%) dengan kategori sedang meningkat pada siklus II (46,4 persentase 77,4%) dengan kategori tinggi.

Published
2016-04-04
How to Cite
Asmita Dahlan, A. D., & M.Biomed, M. (2016). UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MAHASISWA TINGKAT I PRODI DIII KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 65-82. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v16i1.206