PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS VI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimenĀ di kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD N 14 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan pengamatanĀ RPP dari 69,65% dengan kualifikasi cukup pada siklus I meningkat menjadi 94,64% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus III. Pelaksanaan dari aspek guru dari 71,25% dengan kualifikasi cukup pada siklus I menjadi 90,25% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus III. Pelaksanaan dari aspek siswa dari 67,06% pada siklus I menjadi 89,77% pada siklus III. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata hasil belajar siswa 66,63 pada siklus I menjadi 77,87 pada siklus III