Perbedaan Hasil Belajar Penggunaan E-learning Berbasis Video Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap perbedaan hasil belajar dari implementasi model e-learning berbasis video pada mata kuliah desain pembelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan formula penerapan model e-learning berbasis video mengunakan LMS sebagai salah satu wadah untuk memperkuat struktur kognitif mahasiswa agar mahasiswa sampai pada tahap konstruksi pengetahuan. Pada penelitian ini diterapkan pembelajaran PAI yang mengintegrasikan teknologi digital dibutuhkan untuk mempersiapkan mahasiwa yang memiliki literasi digital. Desain penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Polulasi penelitian terdari mahasiswa mata kuliah desian pembelajaran PAI Prodi PAI Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Kelas ekperimen diterapkan model online learning berbasis video di LMS sedangkan kelas kontrol menggunakan online learning berbasis gambar di LMS. Instrumen yang digunakan adalah soal tes. Soal telah memenuhi syarat sebuah instrument untuk mengukur hasil belajar. Kemudian data dianalisis dengan Teknik t-test untuk mengungkap signifikansi perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa hasil belajar dengan nilai t 3,351 > dari 0,05 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model online learning berbasis video dapat digunakan untuk karakteristik mata kuliah desain pembelajaran PAI dan karakteristik mahasiswa

References

Asnawi, A. (2022). Kesiapan Indonesia Membangun Ekonomi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 398–413.
Barber, Wendy; dan King, Sherry. (2016). Teacher-Student Perspectives of Invisible Pedagogy: New Direction in Online Problem-Based Learning Environments. The Electronic Journal of E-learning Volume 14 Issue 4.
Chaeruman, U. A. (2013). E-learning dalam Pendidikan jarak Jauh. Dalam D. S. Prawiradilaga, D. Ariani, & H. Handoko, Mozaik Teknologi Pendidikan (hal. 34). Jakarta: Kencana.
Chen, Jianzhen, & Xiaoping Li (2015) Research on Solving Ill-Structured Problems for e-learning: Cognitive Perspectives. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 5, No. 12, December 2015
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2008). e-learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. San Francisco: Pfeiffer
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). E-Learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning . Hoboken, US: Pfieffer.
Comerchero, M. (2006). What is e-learning. E-learning concepts and Techniques, 19-22.
Harland, T. (2014). Learning about case study methodology to research higher education. Higher Education Research & Development, 33(6), 1113–1122.
Horton, Wiliams. (2006). E- Learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer Joyce, Bruce; Weil, Masrha, and Calhoun. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhoun. (2009) Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Khan, B. H. (2005). Managing e-learning : design, delivery, implementation, and evaluation. Hershey: Idea Group Inc.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA
Naidu, Som. (2006). E-learning: A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. Melbourne:CEMCA
Nurdin, S. Adriantoni. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rahmi, U., & Azrul, A. (2021). Message Design of Printed and Digital Material to Meaningful Learning. Al-Ta Lim Journal, 28(1), 26–34.
Reigeluth, C. M. (2013). Instructional-design theories and models: A new paradigm of instructional theory, Volume II. Routledge.
Reigeluth, C. M., & Carr-Chellman, A. A. (Eds.). (2009). Instructional-design theories and models, volume III: Building a common knowledge base. Routledge.
Smaldino, S. E, Deborah L. Lowther, James D. Russel, 2012. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media
Stockley, Derek, (2006) E-learning Definition and Explanation, www.derekstockey. Com
Stube, Hester; Badri, Aiman; Telford, Rebecca; Hulst, Anja van der; dan Joolingen, Wouter van. (2011). E-learning Sudan, Formal Learning for Out-of-School Children. The Electronic Journal od E-learning Volume 14 Issue 2
Slavin, R. E., & Davis, N. (2006). Educational psychology: Theory and practice.
Slavin .(2017). Educational Psychology Theory and Practice, Pearson Education.
Troussas, C., Krouska, A., Giannakas, F., Sgouropoulou, C., & Voyiatzis, I. (2021). An alternative educational tool through interactive software over Facebook in the era of COVID-19. In Novelties in Intelligent Digital Systems (pp. 3–11). IOS Press.
Watkins, R., & Corry, M. (2013). E-learning Companion: Student’s Guide to Online Success. Cengage Learning.
Published
2023-11-18
How to Cite
Azrul, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Penggunaan E-learning Berbasis Video Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran PAI. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 141-149. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i2.1568