PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI
Abstract
SAVI adalah kependekan dari Somantic Audio Visual Intelektual adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan semua indera dalam mengiatkan aktitifitas belajar. Meier (2005) menyatakan keunggulan SAVI adalah: (1) menggabungkan gerak fisik dengan aktifitas intelektual dan penggunaan semua indera dalam pembelajaran, (2) mengintegrasikan pembelajaraaan teori dan pratikum untuk memantapkan pengetahuan, keterampilan, sikap. (3) kondisi belajar yang kondusif untuk mengembangkan kreativitas, motivasi, dan wawasan, (4) memanfaatkan teknologi. Hal inilah yang seharusnya diterapkan guru dalam pembelajaran Konsep Dasar IPA SD agar dicapai tujuan dan kualitas belajar yang lebih baik terutama pemahaman konsep dan kegiatan pratikum pembelajarannya.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada Borg (1979). Secara konseptual metode penelitian dan pengembangan ditahun pertama ini diringkas untuk pelaksanaan penelitian di lapangan, meliputi: (1 ) studi pendahuluan (pengumpulan informasi), (2) perencanaan model, (3) pengembangan model (4) revisi, (5) produk model dihasilkan,
pada 22 orang mahasiswa PGSD yang mengikuti perkuliahan Konsep Dasar IPA SD.
Model pembelajaran berbasis laboratorium menggunakan pendekatan SAVI yang dikembangkan mencakup tiga komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian memperlihatkan nilai rata-rata aktifitas siswa pada Siklus 1 sebesar 62,8% dan Siklus kedua sebesar 70,5%. Rata-rata kemampuan mahasiswa dalam (1) melakukan pratikum termasuk kategori sangat baik (2) mendiskusikana hasil pratikum termasuk kategori baik, (3) mengkomunikasikan hasil termasuk kategori baik, (4) menyajikan hasil termasuk kategori baik.