Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar

English

  • Anton Handoko Putro Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Halimah Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi peserta didik melalui program les privat calistung dan pohon literasi di SDIT Darul Falah. Dalam penelitian selama 5 bulan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada fakta dilapangan dan memberikan gambaran secara jelas. Teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dikumpulkan pada saat dan setelah pengumpulan data yang meliputi reduksi dan penyajian data. Hasil penelitian yaitu pengembangan kemampuan literasi pada peserta didik diperlukan strategi pembelajaran yang tepat agar anak-anak semakin tertarik dan terlatih untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan membaca, menulis, dan menghitung, serta mampu memahami informasi di lingkungan sekolah. Penggunaan media pembelajaran juga menjadi salah satu hal penting digunakan oleh guru dalam meningkatkan literasi disekolah.

References

Afifah, N. 2019. “Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 6(2). doi: doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.
Anisa, Azmi Rizky, Ala Aprila Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah. 2021. “Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Current Research in Education: Conference Series Journal 1(1):1–12.
Dantes, Nyoman, dan Ni Nyoman Lisna Handayani. 2021. “Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja.” Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):269–83.
Darma Putra, I. Gede, dan I. Wayan Sujana. 2020. “Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi.” Journal of Education Technology 4(2):103. doi: 10.23887/jet.v4i2.25099.
Handoyo, A. 2019. “Faktor-faktor penyebab pendidikan tidak merata di Indonesia.” Hal. 20–244 in. Bimawa UAD.
Hasanudin, Dede. 2020. “Pelatihan Menulis Paragraf dan Pembiasaan Budaya Membaca pada Siswa Kelas VI SDN 1 Kalimantan Desa Kalimantan Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Provinsi Kalbar.” Hal. 206–18 in. Prosiding SEMADIF.
Indriyani, Vivi, M. Zaim, Atmazaki Atmazaki, dan Syahrul Ramadhan. 2019. “LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA.” KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching 5(1):108. doi: 10.22219/kembara.v5i1.7842.
Jummita, Jummita, I. Gusti Ayu Tri Agustiana, dan I. Ketut Dibia. 2021. “Media Fun Thinkers Based on Calistug Questions.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 4(2):241. doi: 10.23887/ijerr.v4i2.39667.
Kamza, Muhjam, Husaini Ibrahim, dan Ayu Indah Lestari. 2021. “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Basicedu 5(5):4120–26. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1347.
Krismasari Dewi, Ni Nyoman, M. .. Rini Kristiantari, dan Ni Nyoman Ganing. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA.” Journal of Education Technology 3(4):278. doi: 10.23887/jet.v3i4.22364.
Linda, Roza. 2018. “THE EFFECT OF PREZY AND EXE-LEARNING MEDIA ON CHEMICAL LEARNING RESULTS.” EDUSAINS 10(1). doi: 10.15408/es.v10i1.7204.
Masniladevi, Ritawati, dan Yullys Helsa. 2018. “Calistung literacy through the application of Lectora.” Journal of Physics: Conference Series 1088:012079. doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012079.
Nurhasanah, Nurhasanah Rahman Rahman, dan Trisna Nugraha. 2020. “Implementation Outcomes of Literacy Movement trough The Habituation, Development and Learning Stages for Indonesian Elementary School Students.” Hal. 81–89 in The 3rd International Conference on Elementary Education (ICEE 2020). Bandung.
Nurhayati, Siti, dan Anggun Winata. 2018. “Pembelajaran Dengan Media Pohon Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas I SDN Sidorejo I Tuban Pada Tema Peristiwa Alam Dan Subtema Bencana Alam.” Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1):15–30.
Primasari, Rosita, Zulfiani Zulfiani, dan Yanti Herlanti. 2015. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIAH NEGERI SE-JAKARTA SELATAN.” EDUSAINS 6(1):67–72. doi: 10.15408/es.v6i1.1101.
Putra, Andrey Triwidya, Dany Moenindyah Handarini, dan M. Ramli. 2019. “Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4(11):1478. doi: 10.17977/jptpp.v4i11.13006.
Sindonews. 2019. “Tingkat Baca Indonesia Masih Rendah, Sri Mulyani Gencarkan Literasi.” Diambil (https://ekbis.sindonews.com/berita/1444945/33/tingkat%02baca-indonesia-masih-rendah-sri-mulyani-gencarkan-literasi).
Sukma, Elfia, Ritawati Mahjuddin, dan Rizky Amelia. 2017. “Literacy Media Development in Improving Reading and Writing Skill of Early Class Students in Elementary School Padang Utara Padang.” Hal. 145–50 in. 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017).
Ulfa, Maria, dan Eva Oktaviana. 2021. “Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi.” Jurnal Basicedu 5(6):5204–12. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1549.
Wati, Fika Fatma. 2019. “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS.” Joyful Learning Journal 8(2):113–18.
Wiastuti, I., Gusti Ayu Putu, I. Nengah Suadnyana, dan MG Rini Kristiantari. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo.” Mimbar PGSD Undiksha 2(1).
Published
2022-11-30
How to Cite
Putro, A. H., & Sa’diyah, H. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72-79. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396