Dynamics of Basic Education Institutions in Online Learning Management
Dynamics of Basic Education Institutions in Online Learning Management
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep lembaga pendidikan dasar di masa pandemi, mengetahui konsep pembelajaran daring di masa pandemi dan mengetahui dinamika lembaga pendidikan dasar dalam pengelolaan pembelajaran daring di masa pandemi. Hasilnya adalah bahwa lembaga pendidikan dasar merupakan lembaga yang menjadi awal mula pendidikan formal seorang anak. Pembelajaran model daring ini memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran tanpa harus bertemu. Dinamika lembaga pendidikan dasar dalam pengelolaan pembelajaran daring yaitu dengan menyusun rencana pembelajaran daring, melakukan pemetaan dalam pembelajaran daring, melaksanakan pembelajaran daring sesuai rencana untuk mencapai tujuan, dan melakukan evaluasi yang meliputi evaluasi indikator, evaluasi kebutuhan, evaluasi lingkungan. Melakukan evaluasi proses seperti indikator proses, aktivitas, kendala, dan solusi. Melakukan evaluasi terhadap tenaga pendidiknya, evaluasi peserta didiknya, dan evaluasi keadaan sarana dan prasarananya.
References
Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
Farida, R. (2012). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi AKsara.
Harahap, A. W., & Hamidah, D. (2019). Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1).
Harjanto. (2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Sumatra Utara: Muhammadiyah University Press.
Lakoriha, R. P., Wowor, H. F., Elektro, T., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengembangan Sistem Pengelolahan Pembelajaran Daring Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknik Informatika, 13(4), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.13.4.2018.28106
Madjid, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Masni, N. M. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3i).
Mubarok, R. (2020). Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan pada Masa Pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147–160.
Muhaimin, R. M. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75–82.
Pandoman, A. (2020). Analisis Quietus Politik Terhadap Upaya Pemerintah Menangani Wabah Covid-19 Pasca Deklarasi Public Health Emergency Of International Concern (PHEIC). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 1–12.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Purwodadi-Grobogan: Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Presiden, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Priyatno, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Turbulensi Era 4.0. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–9.
Puspitasari, A., & Noor, T. R. (2020). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 439–458.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.
Rahim, F. (2012). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbiyatuna, 2(1), 1–14. Retrieved from https://www.jstage.jst.go.jp/article/amr/1/5/1_010501/_article/-char/ja/%0Ahttp://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://dx.
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).
Subhan, A. (2012). Lembaga pendidikan Islam Indonesia: abad ke-20. Kencana.
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939
Syarif, J. (2015). Dinamika Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dalam Sistem Pendidikan nasional. Banjarmasin: Antasari Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.