KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X SMK ISLAM INAYAH, UJUNG BATU ROKAN HULU, RIAU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Elda Martha Suri Universitas Ekasakti Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok terhadap peningkatan  motivasi  berwirausaha  siswa  kelas  X  SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau  


 


Populasi penelitian sebanyak 130 siswa kelas X SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis dan dianalisis secara kuantitatif dengan uji t sampel berkorelasi dan uji t sampel independent.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha kelompok eksperimen menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0 %, motivasi berwirausaha tinggi 43,75 %, motivasi berwirausaha sedang 25%, motivasi berwirausaha rendah 25  %, dan motivasi berwirausaha sangat rendah  6,25 % Sedangkan kelompok kontrol menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0


%, motivasi berwirausaha tinggi 37,5 %, motivasi berwirausaha sedang 25 %,


motivasi berwirausaha rendah 25 %, dan motivasi sangat rendah 12,5 %. Motivasi berwirausaha pada kelompok eksperimen hasil pre-test lebih rendah dibanding dengan  hasil  post-test  yang  menunjukkan  skor  tertinggi  ada  selisih  25,  skor terendah selisih 9 untuk pre-test lebih rendah,  skor mean ada selisih 22,06 untuk sebelum perlakuan lebih rendah. Data tentang motivasi berwirausaha pada kelompok kontrol hasil pretes lebih rendah dibanding dengan hasil post tes yang menunjukkan skor tertinggi ada selisih 3 untuk pre-test lebih rendah, skor terendah selisih 2 untuk pre-test lebih rendah,  skor mean ada selisih 1,69 untuk sesudah post-test lebih rendah.


Saran untuk SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau hendaknya menambah fasilitas pendukung layanan bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berwirausaha. Sehingga, siswa dapat mempunyai pemahaman yang luas terhadap motivasi berwirausaha.


 


Kata Kunci : bimbingan kelompok, motivasi berwirausaha

References

A.Goswami, Namita Dalmia dan Megha Pradhan. 2008. Entrepreneurship in India. National Knowledge Commission

Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup.Bandung: Alfabeta.

A. Sutoyo. 2009. Pemahaman Individu : Observasi Checklist, Kuisioner & Sosiometri. Semarang : CV Widya Karya

Depdikbud. 2003. Undang-undang No. 20.Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:Depdikbud.

.2005. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud

Gamage, Helan Ramya. Cameron dan Woods. 2003. Are Sri Lankan Entrepreneurs Motivated by the Need for Achievement?. 9th International conference on Sri Lanka Studies, 28th – 30th November 2003, Matara, Sri Lanka.

Fasli Jalal dan Supriadi. D. 2001. Reformasi Pendidikan: Dalam Konteks Otonomi Daerah.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Gladding, Samuel.T. 1995. Group work : A Counseling specialty. New Jersey : Prentice-hall, Inc

J. Saiman. 2009. Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat Mungin Edi Wibowo. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UNNES Press.

Mohar Yusof, Sandhu, Manjit, Kamal. 2007. Relationship Between Psychological Characteristics and Entrepreneurial Inclination: A Case Study of Studentsat University Tun Abdul Razak.Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability. Vol III pp 23-42

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil) Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Puji Suci Rahayu. 2009. Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. VOL.11, NO. 1: 46-58

Raduan Che Rose, Naresh Kumar, Lim Li Yen. 2006. The Dynamics of Entrepreneurs’ Success Factors in Influencing Venture Growth. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability

Saifudin Azwar,. 2005. Tes Prestasi : Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. 2005. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Scarborough. Zimmerer Wilson. 2008. Essential of Entrepreneurship and Small business Management, 5th ed. New Jersey: Pearson Education

Segal,Gerry. Dan Borgia dan Jerry Schoenfeld. 2005. The Motivation to Become An Entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research. Vol. 11 No. 1, pp. 42-57

Shane, S, Locke, E. A, Collins, C.J. 2003 : Entrepreneurial Motivation. Human Resourse Management review, Vol 13 pp. 257-279

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suryana, 2009. Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat

Wadhwa, Vivek. 2009. The Anatomy of an Entrepreneur: Family Background and Motivation. The Ewing Marion Kauffman Foundation.
Published
2018-10-08
How to Cite
SURI, Elda Martha. KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X SMK ISLAM INAYAH, UJUNG BATU ROKAN HULU, RIAU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 29-38, oct. 2018. ISSN 2549-6743. Available at: <http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/344>. Date accessed: 19 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.344.000-000.
Section
Bimbingan Konseling / Guidance & Counseling