PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PADANG

  • Abna Hidayati

Abstract

Penelitian ini didasari hasil belajar TIK pada SMP 16 Padang yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan melihat Pengaruh Penerapan Metode Tutor sebaya Berbantuan Media Leaflet terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16  Kota Padang.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah  siswa kelas VIII.4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.7 (kelas kontrol). Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar TIK. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal.Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t. 


Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode tutor sebaya berbantuan media leafletyaitu 81,92 lebihtinggidari yang menerapkan pembelajaran konvensionalyaitu73,57. Sedangkandariperhitungan t-tesdiperoleh thitung >ttabel, yaitu 5,56 > 1,66 padataraf signifikan α 0,05.Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan media leaflet berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Padang.

References

Conny E. Semiawan . 1989.Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: PT Gramedia.
Suharismi Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah&AswanZain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafril. 2010. Statistik. Padang: Sukabina Press.
Sadirman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Published
2017-12-18
How to Cite
HIDAYATI, Abna. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PADANG. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 20-26, dec. 2017. ISSN 2549-6743. Available at: <http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/217>. Date accessed: 16 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.24036/fip.100.v17i1.217.000-000.
Section
Teknologi Pendidikan / Education Technology